Lompat ke isi utama

Berita

Bawaslu RI Sosialisasikan Aplikasi Siwaslu Lewat Zoom Bawaslu Bondowoso Libatkan Pengawas Kecamatan

Bawaslu Bondowoso beserta Panwascam sedang mendengarkan arahan dari Bawaslu RI

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso, Provinsi Jawa timur, Mengikuti Sosialisasi Siwaslu Melalui Zoom Meeting Bersama 23 Panwascam Divisi HPPH di Aula Kantor Bawaslu Kabupaten Bondowoso Jalan Santawi lantai dasar.(14:00 WIB)

Kegiatan Zoom Meeting ini di Pusatkan di kantor Bawaslu Kabupaten Bondowoso, guna memudahkan Koordinasi Panwascam dan Bawaslu Kabupaten paska Pemaparan Materi yang di laksanakan Oleh Pimpinan Bawaslu RI.

Aplikasi Siwaslu nantinya akan di sampaiakan pada para pengawas di tempat pemungutan suara (TPS), yang saat ini sedang dibentuk, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bondowoso, membekali para pengawas di tempat pemungutan suara (TPS).

"Pengawas TPS, sebagai ujung tombak dalam pengawasan pemungutan dan penghitungan suara dalam pemilu, akan dibekali dengan aplikasi Sistem Pengawasan Pemilu," kata Koordinator Divisi Pencegahan Bawaslu Bondowoso Sholikhul Huda, Senin.(15/01/23)

Menurut Huda panggilan Akrabnya, Siwaslu merupakan aplikasi yang disiapkan Bawaslu RI untuk melakukan pengawasan secara daring selama proses pemungutan suara, penghitungan suara, dan penetapan hasil pemilu.

"Sistem operasi Siwaslu nantinya dilakukan secara berjenjang oleh semua jajaran pengawas pemilu sejak dari pengawas TPS, pengawas kelurahan dan desa, pengawas kecamatan, Bawaslu kabupaten dan kota, Bawaslu provinsi, hingga Bawaslu RI," jelas Huda.Setelah Mengikuti Zoom Meeting di Aula Kantor Bawaslu.

Dia menambahkan pengawas TPS melalui Siwaslu akan melakukan pengawasan untuk memastikan tidak ada lagi kampanye di masa tenang, serta tidak terjadinya praktik politik uang menjelang hari pencoblosan.

"Untuk menguatkan pengawasannya, ini pengawas TPS melakukan upload (unggah) foto terhadap situasi yang diawasi. Kami berharap pengawas TPS yang dibekali aplikasi Siwaslu ini akan menghasilkan hasil pengawasan yang lebih cepat, komprehensif, serta akurat," katanya.


"Sistem operasi Siwaslu nantinya dilakukan secara berjenjang oleh semua jajaran pengawas pemilu sejak dari pengawas TPS, pengawas kelurahan dan desa, pengawas kecamatan, Bawaslu kabupaten dan kota, Bawaslu provinsi, hingga Bawaslu RI," jelas Didik.

Dia menambahkan pengawas TPS melalui Siwaslu akan melakukan pengawasan untuk memastikan tidak ada lagi kampanye di masa tenang, serta tidak terjadinya praktik politik uang menjelang hari pencoblosan.

"Untuk menguatkan pengawasannya, ini pengawas TPS melakukanĀ uploadĀ (unggah) foto terhadap situasi yang diawasi. Kami berharap pengawas TPS yang dibekali aplikasi Siwaslu ini akan menghasilkan hasil pengawasan yang lebih cepat, komprehensif, serta akurat, kami berharap Pada semua Panwascam yang mengikuti Zoom Meeting bisa memaksimalkan pemaparan yang di sampaiakan oleh Bawaslu RI yang nantinya akan di Sampaiakan ke PTPS tanpa ada kesalahan dalam menjelaskannya" katanya.

WasilCandra